.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Jumat, 21 November 2008

Beda 1/2 Jam Ngatasin Macet Jakarta... Bisa ???

Tadi sekitar jam 3an sore di Seputar Indonesia ada sebuah berita yang isinya bagaimana mengatasi kemacetan di Jakarta dan program ini rencananya akan diberlakukan 1 Januari 2009.

Cara yang diambil pemprov DKI adalah dengan memberikan gradasi pada waktu masuk kerja dan terutama waktu masuk anak sekolah [mulai dari SD sampai SMA, baik negeri ataupun swasta]. Karena menurut hasil penelitian bahwa anak sekolah adalah salah satu penyumbang kemacetan di Jakarta pada pagi hari.

Berikut gradasi waktu masuknya :
  1. Anak sekolah masuk 6.30
  2. PNS masuk 7.30
  3. Karyawan yang berkantor di JakPus dan JakUt masuk 7.30
  4. Karyawan yang berkantor di JakBar masuk 8.00
  5. Karyawan yang berkantor di JakSel 9.00
Peraturan ini hanya berlaku wajib untuk point no. 1, dan point 3 - 5 sekedar himbauan saja karena semua dikembalikan kepada keputusan perusahaan dan kantor masing-masing.


Yang jadi pertanyaannya sekarang :

Bisakah beda waktu setengah jam mengurangi kemacetan di Jakarta, padahal bisa jadi mereka semua berangkat dari rumah pada waktu yang bersamaan ?


Cihuyyyy.... anak kuliah bebas tanpa syarat ya, trus yang berkantor di JakTim gimenong ???

15 komentar:

  1. Saya masuk kategori mana ya? -p

    Kemacetan Jkt dah akut. Kebijakan kadang menimbulkan keakutan baru.. Knp ga spt di negara tetangga, yg dah punya monorer, Mgkn bisa teratasi dgn jml penduduk yg mangkin bejibun. Jkt sempit bung :D

    *korban kemacetan

    BalasHapus
  2. yg mana ya ???... sebelum diputusin masuk kemana, bentar saya cek dulu sbnrnya scr etimologis kategori itu apa sih...

    kate = orang kerdil
    gori = nangka muda [dari bahasa jawa]

    Jadi kategori adalah nangka mudanya orang kerdil... hehehe


    Curhat niyeeee.... klo mau gak macet mending dibuat peraturan jam pagi secara bergilir perwilayah, diatur mulai struktur pemerintah terendah yaitu RT. Co. misal dalam satu RW terdiri dari 10 RT... terus hari senin yg kena jam pagi RT 1 sampai 2... jadi seluruh warga di RT ini gak boleh pergi pake kendaraan sampai sekitar jam 10 pagi... hihihi... *udahan ah.. pemikiran yang anen bin bokir... maksudnya aneh bin ajaib ;D

    BalasHapus
  3. Ayo anak-anak, mulai besok bangun lebih pagi ya,

    BalasHapus
  4. anak2nya doangkan, orang tuanya nggak... ??? kan ortunya masuknya lebih siang... hehehe

    BalasHapus
  5. Seperti biasa, tambal sulam

    seharusnya kendaraan umum dibenahi dulu supaya masyarakat terdorong utk pakai kendaraan umum aja :D

    BalasHapus
  6. iya sepokats...

    lagian gimana mau gak macet klo seharinya selalu ada tambahan sekitar 1500 unit motor dan sekitar 500 unit mobil (mnrt berita), trus jalan lebarnya segitu2 doang...

    ;D

    BalasHapus
  7. pemerintah jakarta emang ada2 aja...
    setuju ma yang td, musti dibetulin dulu tuh transportasi masalnya, kayak kereta en busway. terus jumlah mobil yang beredar di jakarta musti dibatasi macam di negara tetangga kita singapura dan malaysia...

    *tulisan yang menarik mba...
    :)

    BalasHapus
  8. selain dibetulin, kayaknya juga harus munculin gimana caranya numbuhin minat masyarakat untuk make transportasi umum. Karena percumi juga kalo dibenerin, tapi minat masyarakat untuk makenya minim, jadinya kagak ngaruh...

    Banyak alasan skrg orang berlomba2 beli kendaraan pribadi, selain alasan mahalnya angkutan umum [misalnya : stlh dihit2 perbulannya, kayaknya lbh murahan klo dipake buat kredit motor], kemudahan mobilitas, dan juga karena prestige...

    *masasih mba an ??? coretan sayakan gak ada tangannya, jd kayaknya gak ada yang akan menarik deh... hehehe

    btw, makasih yey... :)

    BalasHapus
  9. selain dibetulin, kayaknya juga harus munculin gimana caranya numbuhin minat masyarakat untuk make transportasi umum. Karena percumi juga kalo dibenerin, tapi minat masyarakat untuk makenya minim, jadinya kagak ngaruh...

    Banyak alasan skrg orang berlomba2 beli kendaraan pribadi, selain alasan mahalnya angkutan umum [misalnya : stlh dihit2 perbulannya, kayaknya lbh murahan klo dipake buat kredit motor], kemudahan mobilitas, dan juga karena prestige...

    *masasih mba an ??? coretan sayakan gak ada tangannya, jd kayaknya gak ada yang akan menarik deh... hehehe

    btw, makasih yey... :)

    BalasHapus
  10. ini bukan curhatan kan??? hehehe...

    BalasHapus
  11. hmmm... setelah dipikir2 ulang, ditimbang2, diresapi, dan dimaknai kayaknya berbau cucol juga sih. Siapa tau aja ada yang mau bantuin buat ikut urunan dalam rangka memunculkan kendaraan itu.

    Abis sampe sekarang masih indent mba, maksudnya indent dalam hal keuangannya getho... hehehe

    Gimana... mba an tertarik mau ikut urunan ??? ;)

    BalasHapus
  12. boleh...boleh..saya bantu urunan doa ya...


    :D

    BalasHapus
  13. yah... kalo donatur untuk masalah urunan doa dah membludak mba... yang masih kosong donatur dalam hal keduitan...

    gimana ??? mau ya mba an... plisss... ntar kalo mau dapat bonus deh... berupa pencantuman nama mba di ban kendaraan saya, selain itu mba akan mendapat bonus tambahan berupa doa dan senyuman termanis dari saya...

    Asyik kan bonusnya ????

    hahaha

    BalasHapus

Dilarang keras berkomentar yang mengandung unsur saru dan sarkas