RAGAM PENGETAHUAN
Pembuatan kisi-kisi di atas didasarkan pada ragam pengetahuan dan pembaharuan taxonomy Bloom oleh Anderson & Krathwohl, dkk (2001), sebagai berikut :
| Knowledge Dimension | The Cognitive Process Dimension | |||||
| Remember | Understand | Apply | Analyze | Evaluate | Create | |
| Factual | | | | | | |
| Conceptual | | | | | | |
| Procedural | | | | | | |
| Metacognitive | | | | | | |
Mereka menyatakan bahwa ragam pengetahuan terdiri atas : fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi. Metakognisi disini merupakan ciri utama dari konsep mereka tentang ragam pengetahuan. Berikut akan diperluas tentang analisis ragam pengetahuan (mudah-mudahan dapat membantu saat pembuatan soal) :
Fakta
Adalah informasi tentang nama orang, tempat, kejadian, julukan, istilah, symbol. Selain itu, fakta juga mengenai hubungan antar informasi tersebut. Pengetahuan fakta merupakan landasan bagi seseorang untuk menguasai ragam pengetahuan lain. Elemen fakta adalah simbol-simbol yang dikaitkan dengan benda konkret yang dapat memberikan gambaran tentang pentingnya informasi tersebut. Jadi bisa dikatakan ragam pengetahuan fakta berkaitan dengan :
- Nama orang, tempat, yang menurut kebahasaan harus ditulis dengan huruf awal besar
- Benda, baik konkret maupun abstrak, termasuk didalamnya flora dan fauna, meja, kucing, berbagai jabatan, profesi, dll
- Kejadian atau peristiwa, seperti proklamasi RI pada 17 Agustus 1945, siang hari dengan panas
- Berbagai istilah, seperti ekonomi makro, Ozon = O3
Konsep
Pada dasarnya konsep memiliki dua sifat, yaitu nyata/konkret dan abstrak. Konsep nyata mengandung aspek kebendaan dan kasat mata. Kursi secara umum adalah benda nyata, berfungsi sebagai temapt duduk seseorang. Usul, gagasan, pandangan, atau pendapat seseorang terhadap sesuatu hal dapat dikategorikan sebagai konsep.
Prosedur
Adalah materi tentang pelaksanaan suatu pekerjaan atau tugas yang berurutan. Menurut Kemp (dalam Prawiradilaga, 2007) prosedur adalah tugas atau pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik secara bertahap atau berurutan.
Metakognisi
Adalah kemampuan seseorang dalam berpikir secara umum. Selain itu, metakognisi juga mencakup kemampuan seseorang dalam memilih dan menerapkan teori, teknik, atau prosedur yang berbeda untuk proses belajar atau pekerjaan yang berbeda pula. Selanjutnya metakognitif terdiri atas :
- Pengetahuan strategi, adalah cara berpikir seseorang dalam menentukan langkah, strategi, atau memilih teknik dan teori dalam mengatasi suatu masalah.
- Pengetahuan tugas kognitif, adalah berkaitan dengan mengingat dan menentukan tugas sederhana
- Pengetahuan diri, dalam belajar seorang peserta didik harus mampu mengenali dirinya sendiri, orang lain, sekelompok orang, bahkan masyarakat dalam rangka membantu dirinya untuk mengembangkan potensi diri.
JENJANG BELAJAR
Berikut adalah penjabaran dari matriks yang dikeluarkan oleh Anderson Krathwohl, dkk (2001) :
| BERPIKIR | URAIAN | RINCIAN |
| Mengingat | Memunculkan pengetahuan dari jangka panjang | Mengenali |
| Mengingat | ||
| Mengerti | Membentuk arti dari pesan pembelajaran (isi) : lisan, tulisan, grafis, atau gambar | Memahami |
| Membuat contoh | ||
| Mengelompokkan | ||
| Meringkas | ||
| Meramalkan | ||
| Membandingkan | ||
| Menjelaskan | ||
| Menerapkan | Melaksanakan atau menggunakan prosedur dalam situasi tertentu | Melaksanakan |
| Mengembangkan | ||
| Menganalisis | Menjabarkan komponen atau struktur dengan membedakan dari bentuk dan fungsi, tujuan, dst | Membedakan |
| Menyusun kembali | ||
| Menandai | ||
| Menilai | Menyusun pertimbangan berdasarkan criteria dan persyaratan khusu | Mengecek |
| Mengkritik | ||
| Berkreasi | Menyusun sesuatu hal baru, memodifikasi suatu model lama menjadi sesuatu yang berbeda, dst | Menghasilkan |
| Merencanakan | ||
| Membentuk |

Sumber :
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.
Prawiradilaga, Dewi Salma. Prinsip Disain Pembelajaran : Instructional Design Principles. Jakarta : Kencana, 2007.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.
Surapranata, Sumarna. Panduan Penulisan Tes Tertulis : Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.
Zainul, Asmawi & Agus Mulyana. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta : Universitas Terbuka, 2005.
aye,,,aye,,,sir!!!
BalasHapussemuanya udah di copy
tapi saya ga tau bagemana bisa ke bookmark tanpa bikin domain (domain ya namanya???) di multiply,,, (kampungan mode:on)
wikiki
Ryzta
bu,,,landa dach absen lho!! and dach bca tgs ibu..
BalasHapusdah d download niy bu..
BalasHapusAkhirnya bisa juga ke buka setelah penantian yang panjang he..he..
wAhhhh...inovasi terbaru.....!!!thatz great misz....!!!klo yg laen pada absen akyu juga dey.....ini akyu,kristel PP'05 non reg.btw,tugasnnya diapain yapz bu???
BalasHapusenaknya sih cuman diliatin sambil minum capucino blended and bakso... hehehe
BalasHapusdikerjain lage....
ibu... yang dikerjain apa na ya?!?! aku ko jadi ga mudeng ya... bantulah daku bu... thank cu... :(
BalasHapusBuat kisi-kisi plus soal dari berbagai bentuk tes.... cara ngerjainnya mana bisa dicomot di attachment... rincian tugas
BalasHapuslutvi riyandari
BalasHapusno reg 1115066052
ibuuu, akhirnyaa berhasil juga sayah..
BalasHapushuuhh..
Alhamdulillah....
BalasHapushhm..hm...hm...
BalasHapusbU,,,,
msh bNun nEch.....
ap yg mU dKrjain yaWh....
hEhe
wulyandaribedhabgdsLLupStina
bu..ni vivi..
BalasHapushehe
rembukan bareng kelompok biar bingungnya jadi berjamaah
BalasHapushahaha
ooo... ini yayang vi2 tho... kirain sapa ???
BalasHapushehehe
imel absen loh bu.....
BalasHapuskamelia sefita (pp nonreg 06)