.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Senin, 25 Februari 2008

RAGAM PENGETAHUAN & JENJANG BELAJAR

Berhubung postingnya dah malem dan gak sanggup ngata-ngatain lagi, jadi langsung aja pantengin dan resepin nih materi ye... selamat deh... 

 

RAGAM PENGETAHUAN

Pembuatan kisi-kisi di atas didasarkan pada ragam pengetahuan dan pembaharuan taxonomy Bloom oleh Anderson & Krathwohl, dkk (2001), sebagai berikut :

Knowledge

Dimension

The Cognitive Process Dimension

Remember

Understand

Apply

Analyze

Evaluate

Create

Factual

 

 

 

 

 

 

Conceptual

 

 

 

 

 

 

Procedural

 

 

 

 

 

 

Metacognitive

 

 

 

 

 

 

 

Mereka menyatakan bahwa ragam pengetahuan terdiri atas : fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi. Metakognisi disini merupakan ciri utama dari konsep mereka tentang ragam pengetahuan. Berikut akan diperluas tentang analisis ragam pengetahuan (mudah-mudahan dapat membantu saat pembuatan soal) :

Fakta

Adalah informasi tentang nama orang, tempat, kejadian, julukan, istilah, symbol. Selain itu, fakta juga mengenai hubungan antar informasi tersebut. Pengetahuan fakta merupakan landasan bagi seseorang untuk menguasai ragam pengetahuan lain. Elemen fakta adalah simbol-simbol yang dikaitkan dengan benda konkret yang dapat memberikan gambaran tentang pentingnya informasi tersebut. Jadi bisa dikatakan ragam pengetahuan fakta berkaitan dengan :

  1. Nama orang, tempat, yang menurut kebahasaan harus ditulis dengan huruf awal besar
  2. Benda, baik konkret maupun abstrak, termasuk didalamnya flora dan fauna, meja, kucing, berbagai jabatan, profesi, dll
  3. Kejadian atau peristiwa, seperti proklamasi RI pada 17 Agustus 1945, siang hari dengan panas
  4. Berbagai istilah, seperti ekonomi makro, Ozon = O3

Konsep

Pada dasarnya konsep memiliki dua sifat, yaitu nyata/konkret dan abstrak. Konsep nyata mengandung aspek kebendaan dan kasat mata. Kursi secara umum adalah benda nyata, berfungsi sebagai temapt duduk seseorang. Usul, gagasan, pandangan, atau pendapat seseorang terhadap sesuatu hal dapat dikategorikan sebagai konsep.

Prosedur

Adalah materi tentang pelaksanaan suatu pekerjaan atau tugas yang berurutan. Menurut Kemp (dalam Prawiradilaga, 2007) prosedur adalah tugas atau pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik secara bertahap atau berurutan.

Metakognisi

Adalah kemampuan seseorang dalam berpikir secara umum. Selain itu, metakognisi juga mencakup kemampuan seseorang dalam memilih dan menerapkan teori, teknik, atau prosedur yang berbeda untuk proses belajar atau pekerjaan yang berbeda pula. Selanjutnya metakognitif terdiri atas :

  1. Pengetahuan strategi, adalah cara berpikir seseorang dalam menentukan langkah, strategi, atau memilih teknik dan teori dalam mengatasi suatu masalah.
  2. Pengetahuan tugas kognitif, adalah berkaitan dengan mengingat dan menentukan tugas sederhana
  3. Pengetahuan diri, dalam belajar seorang peserta didik harus mampu mengenali dirinya sendiri, orang lain, sekelompok orang, bahkan masyarakat dalam rangka membantu dirinya untuk mengembangkan potensi diri.

 

JENJANG BELAJAR

Berikut adalah penjabaran dari matriks yang dikeluarkan oleh Anderson Krathwohl, dkk (2001) :

BERPIKIR

URAIAN

RINCIAN

Mengingat

Memunculkan pengetahuan dari jangka panjang

Mengenali

Mengingat

Mengerti

Membentuk arti dari pesan pembelajaran (isi) : lisan, tulisan, grafis, atau gambar

Memahami

Membuat contoh

Mengelompokkan

Meringkas

Meramalkan

Membandingkan

Menjelaskan

Menerapkan

Melaksanakan atau menggunakan prosedur dalam situasi tertentu

Melaksanakan

Mengembangkan

Menganalisis

Menjabarkan komponen atau struktur dengan membedakan dari bentuk dan fungsi, tujuan, dst

Membedakan

Menyusun kembali

Menandai

Menilai

Menyusun pertimbangan berdasarkan criteria dan persyaratan khusu

Mengecek

Mengkritik

Berkreasi

Menyusun sesuatu hal baru, memodifikasi suatu model lama menjadi sesuatu yang berbeda, dst

Menghasilkan

Merencanakan

Membentuk

 

Akhirnye, saya cuma bilang selamat menikhidup sampai menikmati semua hal yang ada disini.... Selamet kerja bakti...

 

Sumber :

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Prinsip Disain Pembelajaran : Instructional Design Principles. Jakarta : Kencana, 2007.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.

Surapranata, Sumarna. Panduan Penulisan Tes Tertulis : Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.

Zainul, Asmawi & Agus Mulyana. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta : Universitas Terbuka, 2005.

 

15 komentar:

  1. aye,,,aye,,,sir!!!




    semuanya udah di copy



    tapi saya ga tau bagemana bisa ke bookmark tanpa bikin domain (domain ya namanya???) di multiply,,, (kampungan mode:on)


    wikiki




    Ryzta

    BalasHapus
  2. bu,,,landa dach absen lho!! and dach bca tgs ibu..

    BalasHapus
  3. dah d download niy bu..
    Akhirnya bisa juga ke buka setelah penantian yang panjang he..he..

    BalasHapus
  4. wAhhhh...inovasi terbaru.....!!!thatz great misz....!!!klo yg laen pada absen akyu juga dey.....ini akyu,kristel PP'05 non reg.btw,tugasnnya diapain yapz bu???

    BalasHapus
  5. enaknya sih cuman diliatin sambil minum capucino blended and bakso... hehehe
    dikerjain lage....

    BalasHapus
  6. ibu... yang dikerjain apa na ya?!?! aku ko jadi ga mudeng ya... bantulah daku bu... thank cu... :(

    BalasHapus
  7. Buat kisi-kisi plus soal dari berbagai bentuk tes.... cara ngerjainnya mana bisa dicomot di attachment... rincian tugas

    BalasHapus
  8. ibuuu, akhirnyaa berhasil juga sayah..

    huuhh..

    BalasHapus
  9. hhm..hm...hm...

    bU,,,,

    msh bNun nEch.....

    ap yg mU dKrjain yaWh....

    hEhe

    wulyandaribedhabgdsLLupStina

    BalasHapus
  10. rembukan bareng kelompok biar bingungnya jadi berjamaah
    hahaha

    BalasHapus
  11. ooo... ini yayang vi2 tho... kirain sapa ???
    hehehe

    BalasHapus
  12. imel absen loh bu.....
    kamelia sefita (pp nonreg 06)

    BalasHapus

Dilarang keras berkomentar yang mengandung unsur saru dan sarkas