.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Sabtu, 25 Oktober 2008

Pengembangan Scoring Rubrics

Dalam mengembangkan scoring rubrics, perlu memperhatikan beberapa langkah. Donna Szppyrka dan Ellyn B. Smith (1995) menyebutkan langkah-langkah pengembangan scoring rubric sebagai berikut :

  1. menentukan konsep, keterampilan, dan kinerja yang akan diases (asesmen)
  2. merumuskan atau mendefinisikan dan menentukan konsep dan atau keterampilan yang akan diases ke dalam rumusan atau definisi yang menggambarkan aspek kognitif dan aspek kinerja
  3. menentukan konsep atau keterampilan yang terpenting dalam tugas (task) yang harus diases
  4. menentukan skala yang digunakan
  5. mendeskripsikan kinerja mulai dari yang diharapkan sampai dengan kinerja yang tidak diharapkan (secara gradual). Deskripsi konsep atau keterampilan kinerja tersebut dapat diikuti dengan memberi angka pada setiap gradasi atau memberi deskripsi gradasi
  6. melakukan uji coba dengan membandingkan kinerja atau hasil kerja mahasiswa dengan rubric yang telah dikembangkan
  7. berdasarkan hasil penelitian terhadap kinerja atau hasil kerja peserta didik, dari uji coba tersebut kemudian dilakukan revisi terhadap deskripsi kinerja, maupun konsep, dan keterampilan yang akan diases
  8. memikirkan kembali tentang skala yang digunakan. Apakah skala tersebut sudah membedakan secara jelas tentang kinerja yang telah ditunjukkan oleh peserta didik
  9. merevisi skala yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras berkomentar yang mengandung unsur saru dan sarkas