.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Minggu, 24 Februari 2008

Dimana sih Berdirinya Evaluasi ???

Mana becek...
Ditinggal abang ojek...
Gak ada subjek
Keilangan objek

(dah mirip Cinta Laura belum ???)


Daripada kegaringan mending langsung aja kita gosipin subjek dan objek evaluasi yauw...

Subjek dan objek evaluasi bisa dianalogikan bagai pemanah dan busurnya. Bila salah satunya tidak ada, maka proses evaluasi sulit untuk berlangsung. Untuk lebih jelas apa itu subjek dan objek evaluasi, yuk sama-sama kita ulik lebih jauh tentang keduanya.

  • Subjek evaluasi adalah orang yang melakukan evaluasi. Jadi siapapun itu, baik guru ataupun bukan, tetapi dia melakukan evaluasi, maka dia bisa dikatakan sebagai subjek evaluasi.
  • Objek evaluasi biasa disebut juga dengan sasaran evaluasi. Yaitu segala sesuatu yang menjadi titik pusat pengamatan karena penilai menginginkan informasi tentang sesuatu tersebut.

Ternyata objek evaluasi ini masih ada anakannya, yang bisa diperluas sebagai berikut :

  • Input, evaluasi pada tataran ini biasanya dilakukan pada saat siswa ingin memasuki sebuah lembaga pendidikan. Tujuannya adalah agar lembaga terkait mendapat gambaran secara utuh tentang calon siswanya, contoh : evaluasi melalui tes kemampuan, kepribadian, sikap, dan intelegensi
  • transformasi/proses, mesin yang bertugas mengubah bahan mentah (raw input) menjadi bahan jadi. Yang menjadi objek penilaian dalam unsur transformasi adalah kurikulum/materi, metode dan cara penilaian, sarana pendidikan/media, sistem administrasi, guru, dan personal lainnya.
  • output, dalam tahap ini evaluasi  dilakukan untuk menilai tingkat keberhasilan atau pencapaian dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut dengan tes pencapaian atau achievement test.
  • Outcomes, untuk menilai sejauh mana lulusan/kualitas lulusan apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan institusi/lembaga. Selain itu, evaluasi outcomes dilancarkan untuk melihat bagaimana lulusan dapat diserap oleh lapangan pekerjaan.

Penjabaran mengenai subjek dan evaluasi di atas sebenarnya sekaligus menggambarkan dimanakah posisi evaluasi dalam pendidikan. Setelah membaca penjabaran di atas pastinya kita setuju, kalau evaluasi bisa dan akan selalu berada disetiap etape sebuah pembelajaran atau pendidikan pada umumnya. Kalo mau digambarin kira-kira gini jadinya... (lihat attachment y)

Oiye ada yang kelupaan, karena penjabaran di atas menggambarkan posisi evaluasi juga, dan dalam gambar (di attachment) ada kata feedback. Maka kayaknya kudu ya nyinggung dikit apaan sih feedback.

Feedback atau umpan balik adalah segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi. Nah, feedback ini diperluin sekali buat memperbaiki input maupun transformasi.

Oiye lagi ah... kalo kita mau mengevaluasi sesuatu (dalam hal ini evaluasi pendidikan), perlu banget lihat ruang lingkup/scopenya. Ini dilakukan biar yang kita evaluasi lebih fokus dan gak beleber kemana-mana. Ada 3 (tiga) komponen utama yang menjadi scope dari evaluasi pendidikan :

  • Evaluasi Program Pengajaran, mencakup evaluasi terhadap tujuan, isi program, dan strategi belajar mengajarnya
  • Evaluasi Proses Pelaksanaan Pengajaran, mencakup : kesesuaian PBM dengan kurikulum, kesiapan guru dalam melaksanakan program pengajaran, kesiapan siswa dalam mengikuti PBM, minat atau perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran, keaktifan/pasrtisipasi siswa, peranan bimbingan dan penyuluhan terhadap siswa yang butuh, komunikasi antara siswa dan guru, pemberian motivasi ke siswa, pemberian tugas kepada siswa dalam rangka penerapan teori di kelas, dan upaya menghilangkan dampak negatif yang timbul sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah.
  • Evaluasi Hasil Belajar, mencakup : tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan khusus dan tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan umum pengajaran.
Nah, gitu deh sedikit gosip tentang subjek plus objek evaluasi. Kalian sah-sah aja dan kudu malahan buat memperdalam dan memperluasnya (sesuai konteks).

Sumber :
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : remaja Rosdakarya, 2001.
Pengantar Evaluasi Pendidikan (Informasi lainnya gak bisa ketulis, maklum dah lama beeng)

1 komentar:

  1. dudududu


    laen yach skrg mah dh mahasiswa..

    jdna ng9osipna tTg mt kul..

    hehe=P

    BalasHapus

Dilarang keras berkomentar yang mengandung unsur saru dan sarkas